RUMAH SINGGAH BINA ANAK PERTIWI MENYERAHKAN BANTUAN KUBE


Foto: Rumah Singgah Bina Anak Pertiwi
Dalam rangka meningkatkan kesejahateraan masyarakat, Dayasos Dinas Sosial DKI Jakarta bekerja sama dengan Forum Rumah Singgah Provinsi DKI Jakarta memberikan bantuan modal usaha dalam bentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE), melalui rumah singgah-rumah singgah yang berada di Provinsi DKI Jakarta. Program pemberdayaan ekonomi untuk orangtua ini merupakan program integrasi dari Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA).

Menurut Abdus Saleh Maller, Koordinator Forum Rumah Singgah Wilayah Jakarta Selatan, program KUBE ini bertujuan untuk mempercepat tingkat mengurangan angka anak jalanan dan menurunnya angka kemiskinan yang ada di DKI Jakarta. Selain anak mendapatkan program PKSA, orangtua juga mendapatkan program Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Rumah Singgah Bina Anak Pertiwi, memberikan bantuan program KUBE untuk dua kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari sepuluh orang anggota, dan masing-masing anggota mendapatkan bantuan modal usaha sebesar satu juta rupiah, Ali Santoso, menjelaskan. Dalam kelompok jenis usaha pun beragam sesuai dengan usaha orangtua anak yang sedang dijalankan. akan tetapi tetap secara manajemen dikelola oleh kelompok yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan Anggota, Ali Santoso, menambahkan. 

Masih menurut, Ali Santoso, KUBE ini diberi nama kelompok "KUBE Bina Keluarga Pertiwi Satu dan KUBE Bina Keluarga Pertiwi Dua". Jadi tidak hanya anaknya yang bina, akan tetapi orangtua juga diberdayakan. Baik dari segi ekonomi atau dalam hal pola pengasuhan terbaik bagi anak.

Dengan adanya program KUBE, diharapkan keluarga secara ekonomi dapat meningkat, dan anak-anak tidak lagi dibiarkan beraktifitas dijalanan seperti mengamen dan meminta-minta. (asm)

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Bantuan